Rabu, 10 Juli 2013

BERDO'A KEPADA ALLAH SWT.

Istighfar adalah memohon ampun kepada ALLAH Subhanahu Wata'ala dengan kalimat "Astaghfirullaahal'adzhiim" atau dengan kalimat lain yang semakna. Permohonan Ampun ini dilakukan dengan hati yang tulus dan ikhlas juga dibarengi dengan penyesalan  atas kesalahan yang telah diperbuat serta bertekad untuk tidak mengulanginya. Karena ada keistimewaan yang tiada tara apabila kita sering beristighfar baik secara lisan maupun dalam hati.


Inilah beberapa keistimewaan Istighfar :

MENGEMBIRAKAN DAN DICINTAI ALLAH
RAsullah bersabda, "sungguh Allah lebih gembira
dengan taubatnya seorang hamba daripada kegembiraan salah seorang dari kalian yang menemukan ontanya yang hilang dipadang pasir" (H.R Bukhari dan Muslim)

Allah berfirman : "sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang yang mensucikan diri." (Q.S Al-Baqarah:222)

AKAN MENDATANGKAN AMPUNAN ALLAH.
 Maka aku berkata (kepada mereka) Mohon-lah ampun kepada RABB-mu sesungguhnya DIA adalah Maha Pengampun. (QS. Nuh :10).


 MENGATASI KESULITAN DAN TERBUKA NYA PINTU-PINTU RIZKI
Sabda Rasullah SAW : Barangsiapa beristighfar secara rutin, pasti ALLAH memberinya jalan keluar dalam kesempitan dan memberi rizki yang tiada terhingga padanya. (HR. Abu Daud).

 MENAMBAH KEKUATAN

Dan (Hud berkata): Hai kaum-ku, mohon-lah Ampunan kepada RABB-mu lalu bertaubat-lah kepada-NYA, Niscaya DIA akan menurunkan hujan yang sangat

deras dan DIA akan menambahkan kekuatan diatas kekuatan mu. (QS. Hud :52)

 MEMPEROLEH BANYAK KENIKMATAN
Dan hendak-lah kamu memohon Ampun kepada RABB-mu dan bertaubat kepada-NYA, Niscaya DIA akan memberi kenikmatan yang baik kepada-mu sampai kepada waktu yang telah di tentukan. (QS. Hud :3).

 TURUN NYA RAHMAT
Hendak-lah kamu memohon ampun kepada ALLAH, agar kamu mendapat rahmat.(QS. An-Naml :46).


SEBAGAI KAFARATUL MAJLIS.
Barangsiapa yang duduk dalam satu Majlis (perkumpulan orang)
lalu di dalamnya banyak perkataan sia-sianya atau (perdebatan) kemudian sebelum ia bangkit dari Majlis membaca (Istighfar):
Subhaanakallahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta Astaghfiruka wa atuubu ilaih.. (Maha suci ENGKAU YAA ALLAH,dan aku memuji-MU dan aku bersaksi bahwa tiada ALLAH melainkan ENGKAU, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-MU)..
Maka ia akan diampuni kesalahan-kesal ahan yang diperbuatnya selama di Majlis itu.. (HR. Ath-Tirmidzi, Nasa'i, Ibnu Hibban, Abu Daud dan Al-Hakim)


TERHINDAR DARI ADZAB ALLAH
Dan tidak-lah (pula) ALLAH akan mengadzab mereka, sedang mereka masih memohon ampun(Istighfar). (QS. Al-Anfal :33).

MENJADIKAN ORANG YANG BERUNTUNG
ALLAh berfirman, "Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang beriman supaya kamu beruntung." (Q.S an nur 31)
 Aisyah berkata "beruntunglah orang yang menemunkan istigfar yang banyak pada setiap lembar catatan harian amal mereka.

DIMUDAHKAN UNTUK MENDAPATKAN ANAK, HARTA DAN AIR HUJAN YANG BERKAH.
Allah berfirman, "maka katakanlah kepada mereka :" mohonlah ampunan (istighfar) kepada tuhanmu, sesungguhnya dia adalah maha pengampun, niscaya dia akan megirimkan hujan kepadamudengan lebatdan memperbanyak harta dan anak-anakmu dan mengadakan kebun-kebun dan mengadakan (pula didalamnya) sungai-sungai untukmu." (Q.S nuh:10-12)


Itulah keistimewaan Istighfar, semoga Bermanfaat Untuk kita Bersama dan kita bisa mengamalkannya setiap waktu untuk mengharapkan ampunan Allah SWT. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar